Melepas Tukik ke Laut Lepas

Mari Lindungi Penyu di Aceh. Foto : Raihan
pergi ke laut lepas penyuku sayang..
pergi ke alam bebas...

Tahukah kalian kalau penyu salah satu hewan laut yang dilindungi ? Karena semakin hari jumlah mereka semakin sedikit dan nyaris punah. Karena, manusia terus memburu mereka untuk diambil daging dan cangkangnya. Selain itu, banyak penyu mati akibat terjaring alat tangkap nelayan dan juga mati tercekik karena makan sampah plastik yang ada di laut. Soalnya, penyu sering menyangka bahwa plastik-plastik itu ubur-ubur. Maklumlah, binatang yang bisa berusia sampai ratusan tahun ini, suka sekali makan ubur-ubur.

Nah, Jumat kemarin, anak-anak dari Komunitas Homeschooling Habib Alby dan abang-abang serta kakak-kakak dari Komunitas Kawasan Bina Bahari (KABARI) melepas anak penyu (tukik) ke laut lepas. Kegiatan ini merupakan rangkaian akhir dari pelepasan tukik yang sudah dilakukan beberapa kali dalam pekan ini. Ada 30 tukik jenis lekang yang dilepas ke laut. Sebelumnya ada lebih dari seratus tukik belimbing dan lekang yang dilepas ke laut lepas. Menurut Rahmad dari Kabari, tukik-tukik ini akan kembali lagi ke tempat di mana dia berasal sekitar 20 tahun mendatang untuk bertelur di tempat asalnya.


Melepas tukik ke laut. Foto : Raihan

Jadi, untuk menjaga agar penyu-penyu ini bisa kembali lagi ke daerah asalnya, mari kita menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarang, apalagi sampah plastik. Karena selain mencemari laut juga bisa membuat kematian para penyu.

Jadilah Orang tua dan Kakak Asuh Penyu

Selain tidak mengotori pantai dan laut, kita juga dapat melindungi penyu-penyu ini dengan menjadi kakak asuh. Caranya gampang. Menurut Yudi, setiap anak bisa mendonasikan uang sebesar Rp 3.000 untuk telur penyu kecil dan Rp 5.000 untuk telur penyu dengan ukuran yang agak besar. Nantinya, telur-telur ini akan dijaga KABARI sampai menetas, selama lebih kurang 50 hari. Gampang dan tidak susah kan untuk jadi kakak asuh penyu. Kalau masih penasaran, bisa langsung ke kawasan Pantai Babah Dua, Lampuuk, Aceh Besar. Kalian bisa melihat langsung konservasi penyu-penyu jenis lekang dan belimbing. Jadi mulai sekarang, mari kita lindungi penyu dari sekarang dan jangan biarkan mereka punah ya... (nur raihan lubis)

Foto-foto : Raihan

Comments

Popular Posts