Wisata Edukasi

SAVE SEA TURTLE



Tukik jenis penyu belimbing, Foto : Raihan
Tahukah kalian hewan laut bernama penyu ? Pasti sudah banyak yang tahu tentunya ya. Tapi tahu tidak kalau mereka itu salah satu hewan laut yang dilindungi. Karena, semakin hari jumlah mereka semakin berkurang bahkan nyaris punah, soalnya manusia suka mengambil daging dan cangkang mereka.Ayo, mari selamatkan mereka.

Selain banyak ditangkap untuk diambil daging dan cangkangnya, banyak penyu yang mati di laut karena mereka memakan plastic yang dibuang ke laut. Plastik-plastik ini oleh penyu terlihat seperti ubur-ubur, secara ubur-ubur merupakan makanan kesukaan mereka. Jadinya, banyak penyu mati tercekik akibat menelan sampah-sampah plastic ini.

Karena itu, anak-anak komunitas homeschooling Habib Alby dan juga anak-anak Taman Kanak-kanak Habib Alby, mengunjungi lokasi tempat konservasi penyu di pantai Babah Dua, Lampuuk, Aceh Besar. Tidak hanya agar mereka tahu soal penyu dan perlindungannya tapi juga untuk tidak buang sampah ke sungai yang akhirnya bermuara ke laut.

Konservasi penyu ini dikelola oleh abang-abang dan kakak-kakak dari Yayasan Kuala dibantu warga sekitarnya. Mereka melindungi tiap telur yang ada di sepanjang kawasan pantai Loknga sampai ke pantai Lampuuk di kawasan Aceh Besar. Menurut salah satu pengurusnya, Ramhad, pekerjaan ini tidak mudah, apalagi penduduk setempat yang mereka kenal sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai pencari telur penyu. Sosialisasi dan penyadaran tidak bisa dilakukan sekali dayung.

Bang Rahmad menunjukkan foto induk penyu. Foto : Raihan
"Tapi sekarang sudah jauh berkurang penduduk yang menggantungkan hidupnya dari berjualan telur penyu," ujar Rahmad. Meski sebenarnya ada undang-undang yang mengatur tentang pengambilan dan penjualan telur penyu ini, tapi peraturan tersebut masih sulit untuk dilaksanakan.

Ketika anak-anak dari Habib Alby berkunjung, anak-anak penyu atau disebut tukik ini telah berusia lebih dari seminggu. Tukik-tukik yang menetas ini berjenis lekang dan juga belimbing. Untuk menandai apakah tukik-tukiknya berjenis kelamin jantan atau betina, dapat dilihat dari ukurannya. Tukik jantan biasanya lebih panjang ukurannya dari ukuran tukik pada umumnya. Mereka lucu-lucu dan imut.

Bagi anak-anak lain atau siapa saja yang ingin melihat konservasi penyu ini secara langsung, bisa datang ke pantai Babah Dua, Lampuuk, Aceh Besar. Di sana bisa menemui Bang Rachmad atau Bang Yudi. Oh ya, kalau minat, juga bisa jadi orang tua asuh para penyu lho…(nur raihan)




foto-foto : Raihan


Comments

Popular Posts